Home » , » TIPS CARA MERAWAT BAYI UNTUK ORANG TUA PASANGAN BARU

TIPS CARA MERAWAT BAYI UNTUK ORANG TUA PASANGAN BARU

Bagi pasangan yang baru dikaruniai momongan bayi pertama tentu merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan untuk menambah suasana yang indah dalam kehidupan rumah tangga. dan tentunya ini juga pasti suatu hal baru bagi pasangan keluarga yang belum berpengalaman dalam hal merawat bayi, khususnya bagi seorang Ibu, untuk itu Seorang ibu perlu mengetahui perawatan bayi yang baik dan benar bagi perkembangan buah hati mereka.

Merawat bayi diperlukan keahlian khusus, sehingga tidak heran banyak pasangan rumah tangga yang terpaksa mencari baby sitter untuk mengasuh anak mereka, ya bagi yang mampu jika tidak maka ibu sendirilah yang merawatnya, mempunyai bayi yang sehat dan lucu merupakan dambaan bagi setiap ibu di dunia, tips berikut ini sangat membantu bagi calon pasangan yang akan mendapatkan bayi atau pun yang sudah memiliki bayi, diantaranya modal awal adalah kesabaran, ketelitian dan kasih sayang. cara merawat bayi berikut ini :

1. Mengangkat Bayi
  • Berdiri menghadap ke arahnya, susupkan satu tangan ke bawah kepala dan lehernya, dan tangan lain ke pantat bayi. 
  • Angkat perlahan dan lembut kearah dada, kemudian putar kepalanya ke arah lekukan siku, lalu sangga tubuhnya dengan lengan ibu. 
  • Saat meletakkannya, pegang kepala dan pantantnya. Tarik terlebih dahulu tangan dari pantat,  kemudian tarik tangan yang berada di bawah kepala.



2. Memandikan Bayi
  • Persiapkanlah terlebih dahulu semua keperluan mandinya, seperti handuk, sabun mandi, pakaian bayi hingga kosmetik bayi. Setelah itu siapkan air hangat (36 derajat - 37 derajat celcius) atau terasa hangat di siku tangan ibu, dan lepaskanlah baju bayi secara bertahap.
  • Mandikanlah bayi mulai dari daerah wajah, kepala, dada dan lainnya.
  • Setelah itu bersihkan daerah mata dari luar ke dalam dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi.
  • Basuhlah dari daerah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan perhatikanlah daerha lipatan.
  • Gunakan shampo pada bagian kepala dan sabuni bagian badan bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat.
  • Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.



3. Merawat Tali Pusar

Setelah selesai mandi, bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi air, kemudian keringkan dan bungkus kembali dengan kain kasa yang baru.
Daerah tali pusar harus tetap kering dan bersih, hindari menutup daerah tersebut dengan popok.


4. Mengganti Popok

Gantilah popok bayi setiap kali basah.
Bersihkan terlebih dahulu daerah bayi yang terkena kencing dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kecil atau tissu.
Setelah kering, beri pupur pada daerah lipatan paha dan belakang agar terhindar dari kulit lecet.


5. Menidurkan Bayi

Seorang bayi membutuhkan waktu tidur 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah, diselingi beberapa kali bangun. Bayi belum memiliki jadwal tidur yang tetap hingga bayi berusia 5 minggu.Untuk membuat bayi merasa lebih nyaman saat tidur, sebaiknya ibu dapat mencoba cara di bawah ini.:
  • Mandikan bayi dengan air hangat yang telah ditetesi dengan baby bath.
  • Setelah selesai mandi, pijat bayi dengan baby oil atau lotion.
  • Ciptakan suasana yang nyaman an tenang di kamar tidurnya.
  • Ibu bisa mencoba dengan membacakan dongeng dan menyanyikan lagu nina bobok, atau membubuhi bayi dengan baby powder.
  • Sebaiknya ibu menggunakan produk bayi yang harumnya menenangkan, namun aman dan telah teruji secara klinis.


Semoga ke lima cara diatas bermanfaat dan dapat di praktekan dengan baik pada buah hati anda di rumah, dan dapat menjadi bahan referensi. Merawat bayi bukanlah sesuatu yang sulit dan mudah untuk dilakukan jika kita melakukannya dengan penuh kasih sayang dan sabar.

Sumber : http://www.werkudoro.com/2013/05/cara-merawat-bayi-yang-baru-lahir_31.html

0 komentar:

Posting Komentar