Home » , , » CARA MENGATASI SAKIT TULANG SEHABIS MELAHIRKAN

CARA MENGATASI SAKIT TULANG SEHABIS MELAHIRKAN

Pada Umumnya, ibu melahirkan akan merasakan sakit atau nyeri pada pinggang, punggung, lutut, tulang ekor, dll. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon dan perubahan fisik selama kehamilan, proses persalinan yang lama dan sulit, serta kelelahan dan stres merawat bayi dapat menjadi penyebab tulang Anda merasa sakit setelah melahirkan. Jika keluhan tulang ini dibiarkan akan sangat mengganggu kenyamanan dan kelancaran aktivitas Anda. 

Namun, jangan cemas, Bunda. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan beberapa perawatan sederhana dan melakukan beberapa cara dengan tips berikut ini :

1. Berolahraga

Berolahraga secukupnya bermanfaat selan untuk kebugaran tubuh juga dapat mengembalikan kelenturan otot dalam tubuh setelah kehamilan. Lakukan peregangan otot selama 10 menit setiap hari. Anda juga bisa melakukan olahraga jalan kaki, yoga, bersepeda, senam, dll.


2. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang. Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D, seperti keju, susu, sayuran hijau, kedelai, ikan salmon, ikan tuna, telur, yoghurt, dll. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak baik bagi tulang, seperti garam, minuman soda, makanan manis, kafein, rokok, dan alkohol. Ibu yang baru saja melahirkan dan berlanjut menyusui diharapkan mendapatkan asupan kalsium yang cukup agar terhindar dari tulang keropos.


3. Diet sehat

Berat badan berlebih juga dapat membuat tulang terasa nyeri karena harus menopang beban tubuh yang bertambah. Karena itu, lakukan diet sehat dengan menjaga pola makan atas bimbingan dokter ya, Bunda.


4. Berjemur pada pagi hari

Selain pada makanan, vitamin D juga ditemukan pada sinar matahari pagi sekitar jam 7-9. Berjemurlah selama 10 menit, Anda pun terhindar dari risiko patah tulang sebanyak 30%.


5. Jaga postur tubuh saat menyusui

Hindari posisi tubuh membungkuk saat menyusui. Duduklah di kursi dengan punggung tegak dan dekatkan bayi ke dada Anda. Hal ini dapat mengurangi nyeri pada punggung.


6. Jaga posisi menggendong bayi

Kurangi intensitas menggendong bayi pada pinggul Anda karena dapat membebani otot punggung. Gendonglah bayi Anda secara bergantian di pinggul kanan dan kiri. Hal ini juga berlaku saat Anda membawa tas perlengkapan bayi dengan bahu kanan dan kiri Anda.


7. Hindari memakai sepatu high heels secara berlebihan

Berlama-lama menggunakan sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan cedera kaki dan rapuhnya tulang kaki.


Tulang yang sehat menjadi impian setiap ibu. Tips di atas dapat membantu Anda mewujudkan kesehatan tulang setelah melahirkan. Jika rasa nyeri tulang tidak kunjung berkurang, segera periksakan diri ke dokter ya, Bunda. Semoga bermanfaat. Terimaksih.


Source: http://www.ibudanmama.com/

0 komentar:

Posting Komentar