Home » , » CARA MEMASANG POPOK BAYI YANG BAIK DAN BENAR

CARA MEMASANG POPOK BAYI YANG BAIK DAN BENAR

Popok bayi bisa dikatakan sebagai pakaian wajib yang dikenakan oleh bayi, khususnya yang baru lahir. Selain faktor popok bayi nyaman, juga karena mudah untuk digunakan dan diganti. Akan tetapi, bila Bunda salah memilih atau memakaikan popok, maka, bayi akan merasa tidak nyaman dan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

 Memilih Popok yang Tepat

Ada dua pilihan popok bayi yang bisa Bunda pilih, yaitu jenis popok kain dan popok sekali pakai. Untuk mempermudah merawat bayi Bunda, mungkin popok sekali pakai bisa menjadi pilihan.

Namun, Bunda juga harus tahu, bila semua popok sekali pakai menggunakan bahan kimia yang disebut sulfur dioxide atau chlorine dioxide. Zat kimia ini diperlukan untuk membuat popok sekali pakai bebas dari kuman. Jadi, bila kulit bayi Bunda sensitif, sebaiknya tidak menggunakan popok jenis ini, karena zat kimia ini bisa menimbulkan ruam dan reaksi alergi lainnya.

Bila Bunda memilih popok kain, maka mommy perlu memilih popok kain yang mempunyai ukuran yang pas dan terbuat dari kain yang bisa menyerap keringat dan mempunyai pori-pori besar agar udara dapat tersirkulasi.
Popok semacam ini akan membuat bayi Bunda lebih nyaman dan mudah untuk mengganti dan membersihkannya. Bunda bisa membuat dan menjahit sendiri popok kain ini bila mommy mau, agar bayi Bunda memakai popok yang terkesan lebih spesial.

Tips Menggati Popok Bayi

Untuk mengganti popok bayi, ada beberapa tips memakaikan popok bayi yang harus kita perhatikan antara lain :

Pertama adalah kebersihan. Sebelum Bunda mengganti popok, pastikan tangan Bunda higienis, popok baru yang akan Bunda pakai juga bersih (khususnya untuk popok kain) dan tempat mengganti popok bayi Bunda juga harus bersih.

Baringkan bayi Bunda ditempat yang datar agar mudah untuk menggantinya. Bisa menggunakan meja dengan alas beberapa lapis handuk.

Saat mengganti popok, pastikan bayi Bunda sudah tuntas dan selesai buang airnya. Jangan sampai saat Bunda melepas popok lama bayi, bayi Bunda masih buang air. Selain akan membuang-buang popok bersih, hal ini juga dapat menyebabkan ruam di kulit.

Setelah itu, bersihkan kotoran pada bayi Bunda dengan teliti, jangan sampai ada yang tertinggal. Bilas dengan air atau sabun bayi bila perlu dan keringkan dengan tisu.
Pastikan saat Bunda memasang popok yang baru, popok tersebut terpasang dengan baik dan pada posisi yang pas, agar bayi Bunda merasa nyaman. 

Saat mengganti popok, pastikan ruangan dimana Bunda mengganti popok terasa nyaman. Bisa diatur pencahayaan atau perdengarkan musik yang merdu atau Bunda juga bisa menyanyi saat mommy mengganti popok sambil mengajak interaksi bayi Bunda. Dengan demikian, bayi Bunda tidak akan mudah rewel dan Bunda lebih mudah untuk mengganti popok bayi.

Source : http://prenagen.com/cara-memakaikan-popok-bayi-dengan-benar

2 komentar:

  1. Good info :)
    Kalau aku dulu waktu ngurus adikku yang masih bayi, biasanya ibuku beliinnya popok yang clana, jadi tinggal langsung pake aja kyk celana.. :)
    Yang baik itu kalo kata ibu ku adalah yang ga ninggalin ruam di kulit.
    Info perawatan Bayi : http://goo.gl/Z3SkPg

    BalasHapus
  2. sangat membantu sekali, terimakasih :)
    http://goo.gl/2WYzzb

    BalasHapus