Home » , » 10 MANFAAT MUSIK UNTUK BAYI DAN ANAK USIA DINI

10 MANFAAT MUSIK UNTUK BAYI DAN ANAK USIA DINI

Musik adalah bagian dari kehidupan manusia, sejak manusia lahir hingga di akhir hidupnya manusia berada dalam lingkaran nada dan irama musik. Dalam Wikipedia, musik telah dikenal oleh manusia sejak 100.000 hingga 180.000 tahun lalu.Kehadiran musik memiliki banyak arti positif pada perkembangan manusia di dunia. Bahkan bagi banyak orang ada pepatah yang mengatakan'dunia akan sepi tanpa musik' dan 'Tiada hari tanpa musik'.

Secara mendasar sebenarnya musik memiliki beberapa fakta yang sangat unik, menarik dan sangat bermanfaat bagi bayi dan anak usia dini? berikut ini beberapa fakta dan manfaat musik untuk bayi dan anak usia dini yang berguna bagi perkembangan mereka.

1. Musik dapat berguna bagi calon Bayi
Musik seolah memiliki daya magis. Bagaimana tidak, calon bayi yang masih berada di kandungan saja sebenarnya bisa menikmati musik. Nada-nada pada musik dapat membantu sel-sel syaraf otak membentuk koneksi. Hasilnya, daya ingat, emosi, kontrol motorik dan bahkan kemampuan bahasa juga dapat meningkat.

2. Musik dapat Membantu Bayi Prematur
Sebuah riset membuktikan bahwa musik atau senandung dari sang ibu yang dapat dianggap sebagai musik dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi prematur, menambah berat badan bayi dan mampu membuat bayi keluar lebih cepat dari rumah sakit. Maka jangan heran bila di beberapa rumah sakit yang modern sengaja memutar musik jenis tertentu bagi bayi prematur untuk membantu pemulihan mereka.

3.
Musik dapat Membantu Pencernaan
Fakta menarik lainnya adalah, musik ternyata juga mampu membantu sistem pencernaan bagi anak, khususnya bayi. Musik yang menenangkan dapat membuat rileks sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik, efisiensi metabolisme pun meningkat.

4.
Musik dapat Membantu Menambah perbendaharaan kata anak
Anak-anak yang rajin mendengarkan dan mau belajar tentang musik dipastikan memiliki jumlah perbendaharaan kata yang lebih banyak, hal ini terjadi karena beberapa musik yang mengandung lirik tertentu akan memberikan pengetahuan baru setiap kali anak mendengar musik tersebut. Karen itu anak yang sering mendengar musik perbendaharaan katanya akan lebih banyak dibanding anak-anak yang tidak terlalu tertarik pada musik.

5.
Musik dapat dapat digunakan sebagai Pereda Stress
Bermain atau hanya sekedar mendengarkan musik dianggap dapat menurunkan stress yang dialami manusia. Bermain musik atau bernyanyi merupakan salah satu sarana yang bagus untuk melampiaskan stress. Ini jauh lebih baik dibanding melakukan hal lain, seperti bermain video game.

6.
Musik dapat Menyehatkan jantung
Mendengarkan musik dapat membantu stabilitas kinerja detak jantung, hal ini juga berlaku bagi anak, banyak anak-anak yang memiliki kelainan jantung tertolong dengan metode musik yang ritmes dan lembut. Jantung yang stabil cenderung akan membantu sirkulasi darah, sehingga secara keseluruhan kesehatan anak akan terbantu.

7.
Musik dapat meningkatkan Percaya Diri Anak
Menurut study yang dilakukan oleh Universitas Colombia, pelajar yang berminat pada seni musik ternyata memiliki kepercaya dirian yang lebih tinggi. Mereka juga lebih kreatif dan banyak memiliki ide segar.

8.
Musik dapat membantu Stimulasi Otak Kiri
Melalui musik, anak diajak mengikuti alur ritme. Ini dapat menstimulasi otak kiri, yang banyak terkait dengan kemampuan mengikuti aturan. Ini juga akan terjadi pada saat anak bermain dan bergerak sesuai iringan musik. Kepekaannya terhadap 'aturan tak tertulis' bisa lebih terasah.

9.
Musik dapat Membantu mengembangkan minat bakat estetik anak
anak yang sering menderang musik akan mengalami kemampuan estetika yang semakin meningkat, dibarengi dengan peningkatan imajiner anak, maka kemempuan estetika yang sangat berguna dalam seni terus berkembang baik dengan mendengarkan dan memainkan musik tertentu bagi anak.


10. Musik dapat meningkatkan kesadaran spritual yang lebih tinggi
Musik-musik rohani dan keagaaman secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan dampak bagi kesadaran rohani anak, iman dan taqwa dapat dibimbing dan diberikan pencerahan dengan hanya mendengarkan musik. Anak yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan musik dan lagu rohani memiliki kesadaran ketuhanan yang mendalam yang dapat mereka bawa hingga mereka dewasa kelak.

copyright: http://anakkusehatceria.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar